(Review Jurnal ) Analisis Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001:2008 Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman
Review Jurnal Tentang ISO 9001:2008
Judul : Analisis Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001:2008 Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman
Penulis
: Khamidah Yuliati, Susanto
Program
kesehatan di Puskesman Kalasan Kabupaten Sleman pada tahun 2012 masih perlu
ditingkatkan lagi karena sistem manajemen perencanaan dan pengarahan layanan
masih belum inovatif, pengawasan pelaksanaan tugas di Puskesmas masih lemah dan
perlu dilaksanakan lebih baik lagi. Sistem manajemen yang masih belum sesuai
dengan program yang direncanakan yaitu misalnya pemeriksaan karyawan yang
sering dilaksankan tenaga pramedis terutama Puskesmas Pembantu, petugas loket
pendaftaran yang kurang ramah dan sopan terhadap karyawan, terbatasnya jam
efektif pelayanan karyawan yang masih dibawah pukul 12.30, obat yang diberikan
terkesan obat generik dan bahkan petugas Puskesmas yang sudah menutup loket
pendaftaran pada saat jam kerja. Oleh karena itu untuk mengatasi segala keluhan
yang ada di Puskesmas Kalasan, pemerintah perlu menerapkan ISO 9001:2008
sebagai standar baku pengukuran kualitas pelayanan kesehatan oleh pihak
Puskesmas. Dengan diterpkannya ISO 9001:2008 pada pelayanan Puskesmas Kalasan
tersebut diharpkan dapat meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan.
Sertifikasi
ISO 9001: 2008 merupakan suatu prosedur yang terdokumentasi dan praktek-praktek
standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu
proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyartan tertentu
tersebut ditentukan dispesifikasikan oleh karyawan maupun organisasi (Cordata,
1993). Sertifikasi ISO akan mendorong institusi untuk secara efektif menerapkan
dan memelihara ISO 9001:2008 sebagai standar manajemen yang telah dipilih.
Proses
penerapan ISO 9001:2008 di Puskesmas Sleman ini dilakukan dengan cara
penelitian kuantitatif yang dimana proses pengambilan datanya dilakukan dengan
melakukan penelitian lapangan yaitu mengamati secara langsung objek yang akan
diteliti. Data dikumpulkan dengan teknik
kuesioner dengan membagikan angket yang berisikan pertanya-pertanyaan yang
mencakup tentang objek yang diteliti yaitu pelayanan di Puskesmas Sleman. Setelah
semua data yang dibutuhkan terkumpul maka selanjutnya akan dilakukan uji valiiditas
dan reliabilitas dengan cara mengambil secara acak terhadap responden yang
ditentukan secara proposional sesuai bagiannya pada Puskesmas Kalasan Kabupaten
Sleman. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas maka didapatkan hasil
penelitian tersebut yaitu.
a. Berdasarkan sertifikasi ISO 900:2008 bahwa karyawan
membutuhkan pengetahuan dan keterampilan kerja agar mampu menyelesaikan masalah
dalam pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Masalah yang terkait denga
aspek kuratif ditekankan agar diberikan kepada pasien rawat jalan dan
stabilisasi pasien gawat darurat dan rujukan.
b. Kepuasan kerja karyawan dalam bentuk pelibatan
karyawan adalah pentingnya proses
mengikutsertakan para karyawan disemua lini sehingga tujuan puskesmas di sektor
tertentu akan cepat tercapai.
c. Lingkungan kerja karyawan dengan menjalin kerja sama
dengan sesama karyawan baik dalam melaksanakan pekerjaan.
d. Pengalaman praktik bekerja baik dibagian pelayanan
administrasi maupun dibagian pelayanan medis
yang terpadu dan menganut model pelayanan kepada pasien ditempat kerja
dan lebih terfokus pada peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Kalasan secara
tepat.
Sumber :
Jurnal Medicoeticoilegal dan Manajemen
Rumah Sakit
Komentar
Posting Komentar