(Review Jurnal ) Analisis Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001:2008 Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman

Review Jurnal Tentang ISO 9001:2008
Judul    : Analisis Pelaksanaan Sertifikasi ISO 9001:2008  Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman
Penulis        : Khamidah Yuliati, Susanto

Program kesehatan di Puskesman Kalasan Kabupaten Sleman pada tahun 2012 masih perlu ditingkatkan lagi karena sistem manajemen perencanaan dan pengarahan layanan masih belum inovatif, pengawasan pelaksanaan tugas di Puskesmas masih lemah dan perlu dilaksanakan lebih baik lagi. Sistem manajemen yang masih belum sesuai dengan program yang direncanakan yaitu misalnya pemeriksaan karyawan yang sering dilaksankan tenaga pramedis terutama Puskesmas Pembantu, petugas loket pendaftaran yang kurang ramah dan sopan terhadap karyawan, terbatasnya jam efektif pelayanan karyawan yang masih dibawah pukul 12.30, obat yang diberikan terkesan obat generik dan bahkan petugas Puskesmas yang sudah menutup loket pendaftaran pada saat jam kerja. Oleh karena itu untuk mengatasi segala keluhan yang ada di Puskesmas Kalasan, pemerintah perlu menerapkan ISO 9001:2008 sebagai standar baku pengukuran kualitas pelayanan kesehatan oleh pihak Puskesmas. Dengan diterpkannya ISO 9001:2008 pada pelayanan Puskesmas Kalasan tersebut diharpkan dapat meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan.
Sertifikasi ISO 9001: 2008 merupakan suatu prosedur yang terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyartan tertentu tersebut ditentukan dispesifikasikan oleh karyawan maupun organisasi (Cordata, 1993). Sertifikasi ISO akan mendorong institusi untuk secara efektif menerapkan dan memelihara ISO 9001:2008 sebagai standar manajemen yang telah dipilih.
Proses penerapan ISO 9001:2008 di Puskesmas Sleman ini dilakukan dengan cara penelitian kuantitatif yang dimana proses pengambilan datanya dilakukan dengan melakukan penelitian lapangan yaitu mengamati secara langsung objek yang akan diteliti.  Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dengan membagikan angket yang berisikan pertanya-pertanyaan yang mencakup tentang objek yang diteliti yaitu pelayanan di Puskesmas Sleman. Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul maka selanjutnya akan dilakukan uji valiiditas dan reliabilitas dengan cara mengambil secara acak terhadap responden yang ditentukan secara proposional sesuai bagiannya pada Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas maka didapatkan hasil penelitian tersebut yaitu.
a.      Berdasarkan sertifikasi ISO 900:2008 bahwa karyawan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan kerja agar mampu menyelesaikan masalah dalam pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Masalah yang terkait denga aspek kuratif ditekankan agar diberikan kepada pasien rawat jalan dan stabilisasi pasien gawat darurat dan rujukan.
b. Kepuasan kerja karyawan dalam bentuk pelibatan karyawan  adalah pentingnya proses mengikutsertakan para karyawan disemua lini sehingga tujuan puskesmas di sektor tertentu akan cepat tercapai.
c.  Lingkungan kerja karyawan dengan menjalin kerja sama dengan sesama karyawan baik dalam melaksanakan pekerjaan.
d.      Pengalaman praktik bekerja baik dibagian pelayanan administrasi maupun dibagian pelayanan medis  yang terpadu dan menganut model pelayanan kepada pasien ditempat kerja dan lebih terfokus pada peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Kalasan secara tepat.

Sumber :
Jurnal Medicoeticoilegal dan Manajemen Rumah Sakit



Komentar

Postingan Populer